Cara merawat kelinci dengan benar

bfarm 22 Februari 2019 Tidak ada komentar

Kelinci adalah salah satu hewan yang sangat di sukai oleh orang lain, bahkan ini banyak orang yang memelihara kelinci karena kelinci terlihat imut dan bersih. Kebanyakan orang orang yang memelihara kelinci sudah dianggap menjadi teman atau sahabat terdekat, ini lah salah satu hobi yang sangat di sukai oleh orang lain.

Apabila Anda tertarik dengan hewan kelinci, Anda harus mengetahui secara keseluruhan seperti cara memelihara kelinci, cara merawat anak kelinci, cara membuat kandang kelinci, ciri kelinci lokal, cara memandikan kelinci, cara ternak kelinci, dan cara memelihara kelinci di rumah. Berikut ini penjelasan merawat kelinci dengan baik.

 

Cara merawat kelinci untuk pemula

  • Anda berikan pelindung tali yang panjang, Anda Anda bisa mengajak kelinci untuk berjalan-jalan di sekeliling lokasi kelinci atau tempat kandang kelinci.
  • Kamu harus melakukan dengan kelinci, dan kamu anggap kelinci itu dari bagian keluargamu dan benar-benar kamu sayangi.
  • Anda harus bisa memotong kuku kelinci setiap 1 sampai 2 bulan sekali, hanya saja tergantung tempat lokasi dia tinggal di tempatnya.
  • Kalau harus bisa menjauhkan kelinci dari hewan yang agak galak seperti kucing, dan anjing di sekitar lokasi Anda.
  • Anda juga harus bisa memastikan saat membeli kelinci yang terlihat sehat dan segar. Anda bisa memeriksa pada bagian mata, telinga, hidung, dan lain sebagainya.
  • Anda bisa melatih kelinci Anda untuk untuk memberi nama yang khas untuk kelinci Anda, agar kelinci Anda akan terbiasa ketika Anda memanggilnya.

 

Cara merawat:

  1. Menyediakan rumah kelinci
  • Jika kita memelihara kandang, Anda harus benar-benar teliti agar kandang tersebut tetap aman dan nyaman sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhka dengan kelinci. Ciri-ciri kandang kelinci yang baik adalah mempunyai alas solid seperti datar, tebal, halus terkadang orang membuatnya dengan papan, dan pada ujungnya atau sisi menggunakan kawat, nanti biar bulu kelinci tidak rontok hanya gara-gara tersangkut oleh kawat yang tidak rapi.
  • Anda harus mengisi di dalam kandang dengan jerami atau bisa juga dengan lembaran kayu, seperti pohon pinus. Anda juga harus memberikan alas tidur pada kelinci yang biasanya dibuat dengan bubur kayu, nanti akan di daur lagi, ini memang khusus untuk hewan kelinci. Karena kelinci sangat suka membuat sarang yang begitu nyaman.

 

 

  1. Menyediakan makanan dan minuman kelinci

 

  • Anda bisa berikan dengan banyak rumput atau jerami memang ini adalah komponen yang paling utama dalam pola makanan kelinci. Untuk jenis rumput bisa Anda pilih seperti jenis Timothy, oat dan brome. Ini merupakan pilihan yang terbaik untuk untuk kelinci.

 

  • Selain Anda berikan jerami, Anda bisa memberikan dengan banyak sayuran, ini merupakan salah satu kelinci yang sangat suka dengan makanan sayuran, wortel dan lainnya. Memang sayuran dan wortel ini sangat banyak sekali untuk mengandung gula. Dan jangan lupa sebelum Anda berikan cucilah terlebih dahulu seperti wortel dan sayuran. Anda harus di usahakan meberikan dengan sayuran organik. Agar kelinci terhindar dari penyakit.

 

Nah ini saya akan berikan untuk Anda mengenai tentang tips memelihara kelinci di rumah untuk pemula. Cara merawat ini sangat berguna untuk Anda yang lagi bingung untuk memelihara kelinci dengan benar.

sumber: https://sumbercenel.com/cara-merawat-kelinci/

Tags :